Mengulas Tentang Cara Menggunakan dan Cara Merawat Mesin Steam Air

Mesin steam adalah alat semprot air dengan fungsi membantu proses mencuci motor atau mobil, alat ini memiliki tekanan yang cukup tinggi sehingga kotoran-kotoran yang melekat dapat terkikis dan mudah dibersihkan. Alat ini menggunakan 2 output namun disarankan menggunakan 1 output. Hal ini penting untuk mempertahankan tekanan air yang dikeluarkan tetap maksimum. Mesin ini memerlukan mesin penggerak dan mesin penggeraknya menggunakan mesin bensin atau dinamo listrik. Pada artikel ini akan dibahas cara menggunakan mesin air ini dan cara merawatnya supaya mesin ini dapat digunakan dengan benar dan lebih tahan lama jika digunakan dalam waktu yang lama.

 

Mesin ini sudah dijual pada pasaran yang menjual alat-alat membersihkan motor dan juga pada situs belanja online. Mesin ini memiliki beberapa komponen seperti engine, single cylinder net horse power output, karburator, air cleaner, fuel tank, kran output, oil tank dan juga dinamo.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan alat steam ini diantaranya:

 

  • Siapkan air dalam sebuah tangki yang cukup besar atau drum.
  • Masukkan oli mesin dalam mesin semprot air yang digunakan.
  • Lakukan pemasangan semua selang yang telah disiapkan.
  • Masukkan selang dengan ukuran ¾ inchi dan ½ inchi dalam tempat penampungan air.
  • Lalu buka kran ¼ inchi pada kran keluarannya.
  • Lalu nyalakan mesin semprot air.

 

Beberapa cara menggunakan alat diatas tentunya perlu diketahui oleh pengguna supaya menggunakan mesin dengan tepat. Jika tidak menggunakannya dengan cara yang tepat maka akan membuat alat tidak dapat bekerja dengan baik. Jika akan memilih mesin air ini maka sebaiknya memilih mesin dengan tekanan air yang dapat mencapai 40 psi dan mudah dalam melakukan perawatannya. Selain itu juga pastikan suku cadangnya tersedia di pasaran sehingga ketika beberapa bagian perlu diganti maka akan sangat mudah didapatkan. Mesin air ini juga menggunakan listrik 800 watt untuk menyalakannya dan menggunakannya dengan baik.

 

Mesin steam air ini juga perlu dirawat supaya mesin semprot air dapat digunakan dalam waktu yang lama. Berikut adalah beberapa cara perawatannya diantaranya:

 

  • Jika tekanan air tidak kuat lagi atau posisi jarum pada alat ukur tidak stabil sebaiknya lakukan pengecekan pada seal dan per yang terletak pada mesin semprot air ini. Lakukan juga penggantian seal dan per jika terjadi kerusakan, lalu pasang kembali dan nyalakan mesin tersebut.
  • Hindari memacu mesin terlalu kuat, tenaga mesin semprot maksimal dapat diperbolehkan adalah hingga jarum pada alat ukur menunjukkan angka 40. Jika melebihi angka tersebut maka akan terjadi kerusakan pada alat semprot air.

 

Selain hal diatas juga, pengguna harus membiasakan diri untuk mematikan mesin semprot air jika sudah tidak digunakan lagi. Jangan hanya menutup kran ataupun steam saja tetapi mesin ini masih bekerja. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada mesin semprot air. Mesin ini biasanya dijual dengan Rp4.125.000 untuk Compressor Snow Wash 3 in 1 dengan kualitas yang bagus dan harga semprotan air biasanya dengan harga Rp42.800 yang dapat ditemukan pada situs jual beli online terpercaya.

 

Mesin steam air juga tentunya dilengkapi dengan selang air kompresor 10 M untuk peralatan mencuci dan memiliki harga Rp71.400 atau selang air steam jet cleaner 5M dengan harga Rp71.400. Mesin semprot ini dapat digunakan dengan baik untuk membersihkan motor dan mobil dari debu dan kotoran yang menempel dengan kecepatan maksimum menyemprotkan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *