Agar Bisa Dapat Ikan yang Diinginkan, Pilih Mata Pancing Berdasarkan Hal Ini!

Memancing menjadi salah satu hobi bagi sebagian orang karena mengajarkan mengenai kesabaran. Untuk bisa mendapatkan ikan yang diinginkan, tidak hanya harus mempertimbangkan mengenai jenis pancing apa yang akan digunakan namun juga tempat untuk meletakkan makanan atau umpan ikan. Ada beberapa jenis mata pancing dan nantinya bisa Anda pilih sesuai dengan cara makan ikan sehingga Anda bisa memperoleh ikan yang Anda bidik.

 

Jenis-jenis dari kail yang bisa dipasang di pancing yang akan Anda gunakan tersebut dapat dipilih sesuai dengan jenis ikan apa yang ingin Anda tangkap dan tempat dimana Anda ingin memancing. Jenis kail tersebut bisa diperoleh dengan mudah di toko online terpercaya atau di toko yang menjual alat pancing. Untuk mendapatkan kail yang tepat, Anda bisa meminta pertimbangan dari teman atau penjual tokonya.

 

Berdasarkan pada cara makan ikan, Anda bisa memilih mata pancing lewat cara berikut. Pertama adalah ikan yang menyambar. Jika Anda hendak memancing ikan yang cara memakannya dengan menyambar, gunakan jenis kail tuna hook atau big game hook sebab kail tersebut memiliki ketahanan yang kuat dan tidak akan mudah untuk melurus jika ikan yang dipancing melawan.

 

Kedua adalah ragut. Ikan yang memiliki cara makan ini biasanya diam ketika sedang memakan umpan sehingga tidak jarang pemancing tidak tahu jika umpanya tersebut sudah habis. Kail yang cocok untuk jenis ikan seperti ikan merah atau ikan pari adalah jenis kail circle hook. Keunggulannya adalah kail ini tidak akan melukai ikan namun hanya melukai bagian bibirnya saja karena terikat pada kail.

 

Jenis mata kail lainnya yang tepat yang sesuai dengan cara makan ikan, adalah:

 

  • Memagut atau nibblers. Umumnya ikan ini memakan umpan seperti anak ikan berukuran kecil. Kail yang tepat adalah jenis kail yang lurus atau mencuat di bagian depan dan jangan terlalu besar. Agar bisa mendapatkan ikan, maka Anda harus menyentak secara cepat saat tahu umpan pancing Anda dimakan ikan.
  • Menghisap atau sucking untuk ikan yang memiliki gigi tajam misalnya jenis ikan kerapu. Kail yang tepat untuk jenis ikan yang cara makannya dengan cara menghisap adalah jenis kail yang memiliki mata yang panjang dan tangkal.

 

Namun agar mata kail tetap bisa dipergunakan, jangan lupa memperhatikan cara penyimpannya dan tempat yang tepat adalah di tempat yang kering. Hindari untuk menyimpan di tempat yang basah atau lembab karena akan mudah menyebabkan kail menjadi berkarat walaupun kini sudah banyak jenis kail yang terbuat dari bahan anti karat. Setelah kail Anda pergunakan, cuci terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih atau air tawar lalu keringkan. Setelah itu di tempat penyimpanan kail tersebut, beri sedikit beras. Alasan menggunakan beras dibandingkan minyak adalah karena beras bisa membantu menjaga kail tetap kering dan meminimalisir karat sedangkan minyak walaupun bisa mencegah karat akan tetapi aroma minyak akan tertinggal di kail. Aroma tersebut bisa mempengaruhi penciuman ikan sehingga menyebabkan ikan enggan memangsa umpan yang ditaruh di kail.

 

Sedangkan untuk membuat mata pancing tetap tajam, Anda bisa melakukan hal berikut:

 

  • Pastikan Anda tidak mengasah mata kail terlalu kuat.
  • Pegang mata kail dengan kuat di sudut yang sama.
  • Siapkan batu pengasah atau kikir dari bagian duri kail ke bagian mata kail dengan cara menariknya ke bawah dalam 1 arah beberapa kali.
  • Ulangi cara tersebut hingga hook tajam kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *