4 Tips Jitu Agar Uang Tak Tergerus Inflasi

Inflasi menjadi momok menakutkan bagi para pengusaha dan pekerja di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Sebab, inflasi atau kenaikan harga barang, menyebabkan kenaikan biaya sehingga mau tidak mau uang Anda akan tergerus inflasi.

Sebagai contoh, dengan uang sebesar Rp8000, Anda sudah bisa membli satu liter beras di tahun lalu. Dengan inflasi sebesar 6 persen, tahun ini Anda harus menyediakan uang sekitar Rp8480 untuk membeli satu literĀ beras. Aritnya, uang tergerus nilainya sebesar 6 persen selama satu tahun terakhir.

Sementara itu, banyak masyarakat awam memiliki persepsi yang salah pada inflasi. Sehingga, tak melakukan antisipasi agar uang Anda tak berkurang nilainya.

Mungkin Anda tidak bisa menghentikan inflasi, akan tetapi Anda bisa membuat strategi untuk menyiasati supaya uang berkembang besar dari laju inflasi. Pahamilah bagaimana inflasi akan mempengaruhi daya beli Anda, mulailah membangun strategi efektif untuk melindungi keuangan Anda. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi inflasi yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri dari kenaikan harga yang disebabkan oleh inflasi.

4 Cara Jitu Agar Uang Tak Tergerus Inflasi

Investasi

Investasi merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi tabungan Anda dari efek inflasi. Dengan Anda berani mengambil resiko dan menggunakan uang Anda dalam investasi di saham dan obligasi, kondisi keuangan pribadi Anda akan tumbuh lebih cepat dibandingkan Anda uang di rekening dalam bentuk deposito dan tabungan. Mulailah lebih memperhatikan berita dan tren keuangan, sehingga Anda tidak tertipu denganĀ  investasi yang tak bertanggung jawab.

Bila Anda tak bisa mengendalikan sendiri investasi Anda di saham dan obligasi, Andai bisa mempercayakannya pada manajer investasi dengan membeli reksadana. Pilih produk reksadana yang memberikan keuntungan tinggi, yang dikelola oleh manajer investasi kredibel dan berpengalaman.

Cicilan dan Suku Bunga Tetap

Saat inflasi tinggi datang, ini menjadi musuh besar bagi Anda yang memiliki cicilian kredit. sebab, bank akan menaikan bunga kredit. Secara otomotas cicilan Anda pun akan ikut naik. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih cicilan tetap agar tak terkena imbas dari kenaikan inflasi.

Cicilan dengan suku bunga tetap bisa Anda dapatkan dari kredit tanpa agunan atau pun kredit dari bank syariah. Nilai cicilan Anda akan tetap sampai cicilan berakhir. Bila Anda telah memiliki cicilan di bank konvensional atau bank umum lainnya, misalnya untuk membeli rumah, tak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk dipindahkan ke bank syariah guna mengatasi inflasi.

Hidup Hemat

Strategi lain yang harus Anda lakukan untuk melawan inflasi ialah meminimalkan pengeluaran Anda. Misalnya, gunakan angkutan umum dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi untuk ke kantor, menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon saat membeli BBM sehingga Anda bisa melakukan penghematan untuk membeli BBM.

Terbuka dalam Pilihan

Seperti motto seorang pramuka, Anda harus selalu bersiap. Artinya, Anda selalu memiliki rencana B saat situasi memburuk. Aturlah pendapatan dan pengeluaran Anda dengan bijak agar keuangan keluarga tetap stabil.

Bila Anda terbuka dalam pilihan keuangan, Anda telah bersikap terbuka untuk mengubah pengelolaan keuangan. Misalnya, mengubah gaya hidup guna menghemat pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, Anda bisa mengurangi aset Anda seperti menjual mobil untuk membayar utang kartu kredit.

Beberapa cara mengatasi inflasi di atas mudah untuk diterapkan, tapi mungkin sulit juga bagi sebagian orang lain. Semuanya tergantung pada disiplin dan kerja keras Anda untuk mengatur keuangan supaya tidak tergerus inflasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *